Sunday, December 28, 2008

Me vs Mom

Baru aja nih kjadiannya, dimana nyokap gw nyeramahin gw ttg sikap gw yg kurang "pas" mnurut beliau.

N (nyokap): Dan, skarang mama mo diemin kmu aja. Terserah kamu mau belajar apa nggak, itu sekarang urusan kamu. Kamu sendiri yang jalanin

G (Gw): *Glek, menelan ludah*

N: Orang seumuran kamu tuh sekarang lagi berjuang2nya bwt dapet kuliah! Maksimalin dong belajar kamu! Nyesel datengnya belakangan.. Orang2 udah pada nyantai dapet kuliah, kamu malah yang kesusahan gara2 belom dapet kuliah. Kan jadi dua kali kerjaan.

G: *Ngegeser pantat biar duduknya agak enakan.*

N: Sekarang kamu, belajar aja masih kayak gitu. Liburan sekarang tuh bner2 dimanfaatin! Ntar kamu di IC susah lagi waktunya. Mumpung kamu di rumah, kejar tuh semua pelajaran!

G: *meletek-letekin tangan, pegel.*

N: Maksimalin! Berjuang dan! Biarin kamu capek2 sekarang, daripada nyesel ntar.

G: iya, ma...

Kelakuan gw yg diatas bukan krn gw g dengerin omongan nyokap gw, tapi emg ud jadi sikap n klakuan gw dr kcil klo dngerin omongan nyokap. Gw g bisa nyangkal omongan nyokap gw, jd gw diem aj n mematung mndengarkan dgn khidmat. Sbnernya gw pgn nyangkal sdikit omongan nyokap gw. Sbnrnya, yg bliau omongin itu kan intinya, gw msti maksimal-in belajar gw dan berjuang. Kendati demikian, maksudnya maksimal disini tuh seberapa menurut nyokap gue?  gue heran, apakah gw mesti bangun pagi2 solat subuh, trus sarapan langsung ke meja belajar, pake iket kepala bertuliskan "lele mau kuliah di ITB", belajar ampe siang, solat dzuhur, makan siang, belajar lagi, dst sampe jam 12 malemsecara terus menerus hingga liburan selesai.

WOY!!! WHAT THE FU***CK!! GUE BUKAN SE-FREAK ITU!! GUE CUMA LELE YANG BISANYA MELIUK2 KE SANA KEMARI!! misalnya emg kyk gitu mending gw mati aja!

Kalo menurut gw, maksimal itu, ya.. gue belajar untuk gw sndiri! gw yg atur sndiri gw mo blajar kapan, sehari misalnya, dri pagi jam 9an ampe siang, solat dzuhur, makan siang, main sbntar, trus tidur siang, bngun2 solat ashar, ngemil bntar, blajar lagi ampe magrib. Solat magrib, makan malem, blajar lg ampe jam 9, trus OL dah ampe malem. mnurut gw bgitu. itu klo diliat secara aturan mainnya.

Kenyataannya, wktu gw lg ngejalanin jadwal yg kayak gitu, nyokap gw malah aneh. Pas emg giliran gw lg pgn istirahat, nyokap gw malah, "Lah, kok udahan dan blajarnya?". ya gue jawab, "Kan udah dri tadi pagi, sekarang aa (panggilan gw dirumah) mo istirahat." nyokap gw bls, "Ah, gitu sih belajarnya, soal2 yang lain blm kamu kerjain.. "

OKE! Ini yg gw ga ngerti ampe sekarang. Nyokap gw emg sih beliin dan fotokopiin berbagai mcm soal/buku yg brbau spmb/uan. Tapi, scara logika, bisa ga sih satu orang bsa ngrjain smuanya dlm satu waktu? Atau gini deh, lo critanya orang kaya, punya mobil banyak, ada 10 gitu, dan emang bisa lo ngendarain ke-sepuluhnya dalam satu waktu yang sama? aneh.

Itu baru satu contoh. Nyokap gw sering bgt nyindir2 gw, klo gw adalah "anak pemalas". Tapi g sering2 amat sih, klo di sikon trtentu aja. Gitu deh pokoknya, kdang2 gw jg kesel sndiri klo digituin, ksannya emg gw bner2 "anak males". Ngeri-nya, ntar gw jd korban labelling ama nyokap gw dan akhirnya gw jadi males bnran.. Bgimana caranya biar gw msti g jadi anak males/nyantai d dpan nyokap gw? apakah gw mesti slalu dalam keadaan "belajar serius" di depannya? Aneh bgt. Misalnya, nyokap gw jemput gw hr minggu bwt pulang (BTA), apakah gw msti ketemu ama nyokap gw sambil bawa buku tebel2 trus dandan kelimis, pandangan selalu lurus ke buku walaupun sdang brjalan, trus nyokap gw bilang, "Anak mama rajin ya..". GUE YANG CAPEK!! Kalo emg bgini jdinya, kmungkinan trburuknya adalah kalo, "Gue belajar karena Nyokap". Bukan krena ksadaran diri sndiri. Karena cuma bwt tnjukin klo gw bukan pemalas. Apakah ini yang disebut Anak rajin yang sedang berjuang memaksimalkan cara belajarnya?

TANYA KENAPA...

4 comments:

  1. lo aja diomelin gimana kalo gua jd anak nyokap lo..
    gak dianggep anak kali hahaha

    ReplyDelete
  2. nah dan.inilah salah satu kasus dari kir gw.motivasi belajar karena celaan dr ortu.wess.
    bener kata dhany,gmn gw jd anak nyokap lo.lah gw kgk megang buku apa2.
    naah.lo ngoobrol aja ama nyokap lo,meng compare dan mmbuktikan bhwa elo lebih rajin dari kita-walo gw agak2 gk ridho.hhu.ya bolehlah biar kita bisa ttep jalan.
    gmn gan?

    ReplyDelete
  3. hahaha si tante nyokap lo nggak liat gue aja liburan gimana. smangat man!

    ReplyDelete
  4. haha.
    gue aja gapenah nyentuh buku.
    gawat gawat.
    :p

    SEMANGAT KEDAN!

    ReplyDelete